headline photo

CARI DALAM BLOG INI

REKRUITMENT ( HUMAN RESOURCES DEPARTMENT )

Minggu, 10 April 2011


Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.
Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
 HRD memiliki fungsi sebagai alat pengelola  Sumber  Daya Manusia yang ada dalam suatu perusahaan.
Adapun proses dari HRD itu sendiri adalah
REKRUITMENT ==> SELEKSI/OJT ==> STAFF/KARYAWAN ==> PENSIUN


    Departemen Sumber Daya Manusia Memiliki Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab :
1.     Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan / forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu, dan lain sebagainya.

Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya.

2.      REKRUITMENT
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.

Merupakan aktivitas untuk mencari dan mengikat calon tenaga kerja atau pelamar kerja sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang diperlukan bagi sebuah perusahaan atau organisasi.

Adapun tujuan dari Rekruitment ini adalah :
-         Untuk mencari dan mengikat karyawan yang berbobot.
-         Menghasilkan karyawab menjadi pelaksana yang baik
-         Menghasilkan karyawan yang layak bagi perusahaan.

Hal-hal yang mendasari Rektuitment :
-         Mengisi kekosongan dalam perusahaan baik yang dari luar maupun dari dalam.
-         Penekanan waktu pada masa kerja

Proses Rekruitment
-         Perencanaan. Dimana dalam perencanaan ini kan dibahas mengenai bagaimana cara merekrut karyawan, kapan akan dilaksanakan dan untuk apa perekrutan itu ?
-         Penyusunan strategi untuk merekrut
-         Pencarian pelamar
@. Internel
     ~ mencari dilingkungan perusahaan, missal karyawan yang baik.
     ~ mencari dari luar perusahaan, missal yang direkomendasikan .
@ Eksternal     ~ pencarian melalui pengumuman lowongan pekerjaan.
-         Penyisihan / seleksi pelamar.

Saluran / media Rekruitment
-         Maklumat pekerjaan - misalnya melalui bulletin, dan media masa
-         Persediaan keahlian
Dalam hal ini mencari file-file pelamar yang sudah lama yang masih tersimpan dan yang pernah masuk, sehingga apabila perusahaan memerlukan karyawan dapat sewaktu-waktu memanggil pelamar tersebut.
-         Rekomendasi karyawan
-         Work in
Work in dalam artian bagaimana pelamar datang sendiri pada perusahaan atau organisasi untuk mencari pekerjaan dan menlamar pekerjaan. Cara ini yang banyak dilakukan orang saat ini.
-         Write in
Write in dalam artian pelamar melunis surat lamaran dan mengirimkan lamaran ini pada perusahaan atau organisasi yang dituju. Biasanya jarak perusahaan ini jauh dari tempat tinggalnya.
-         Kerjasama dengan perguruan tinggi
-         Institusi pendidikan, misalkan SMK/SMEA
-         Open House
Dimana perusahaan membuka dan memberitahukan tentang kegiatan didalam perusahaan dan menawarkan lowongan pekerjaan pada orang-orang.
-         Melalui Iklan
Biasanya kalau  melalui iklan itu seperti media masa, elektronik
Agen penempatan tenaga kerja.

0 komentar:

Posting Komentar